Medicify, Berikan Solusi Akses Informasi Medis Ramah Tunanetra


Tim Medicify melakukan Pengujian Penerimaan Pengguna (UAT). Pelaksanaan UAT di Journey Coffee diikuti oleh empat orang penyandang tunanetra. Medicify sendiri merupakan aplikasi ramah tunanetra yang memberikan informasi mengenai obat-obatan. UAT ini diadakan agar pengguna dapat menguji dan mengevaluasi aplikasi secara langsung. Dengan diadakannya UAT, teman-teman tunanetra juga dapat berpartisipasi dalam diskusi dan memberikan masukan kepada tim terkait. Ini memungkinkan Anda memperbarui Medicify sesuai kebutuhan Anda.

Kekhawatiran mengenai akses terhadap informasi medis bagi tunanetra Perkembangan aplikasi Medicify sejak awal bermula dari kekhawatiran bahwa informasi medis, khususnya obat-obatan, akan sulit diakses oleh penyandang tunanetra. Data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa sekitar 3,75 juta penduduk Indonesia mengalami keterbatasan penglihatan. Dengan dukungan program BANGKIT by Google, Medicify juga menjadi solusi digital sektor kesehatan yang berupaya memberikan kemudahan dan kesetaraan bagi seluruh segmen masyarakat. Keterampilan digital sangat penting bagi keberhasilan tim Medicify dalam membantu orang lain.

Bagaimana membantu memanfaatkan aksesibilitas informasi kesehatan? Lantas bagaimana solusi yang diberikan tim dalam mengakomodasi penerimaan informasi medis bagi masyarakat? Jawabannya terletak pada fitur yang ditawarkannya. Aplikasi Medicify sendiri dilengkapi dengan fitur “Medicine Scan”. Jadi pengguna hanya perlu memindai suatu obat melalui aplikasi dan informasi detail mengenai obat yang dipindai akan muncul secara otomatis! Berikut cara kerja fitur yang disediakan oleh Medicify:


Selain itu, aplikasi kedokteran yang dirancang oleh enam mahasiswa Bangkit ini juga mendukung fungsi TalkBack di Android. TalkBack adalah fitur aksesibilitas yang membantu pengguna tunanetra berinteraksi dengan perangkat Android menggunakan respons suara dan sentuhan. Dengan cara ini, pengguna tunanetra dapat menggunakan aplikasi dengan lebih mudah. Di bawah ini adalah tutorial untuk mengaktifkan fitur TalkBack.


Tim MediFi! Terima kasih atas inovasi Anda dengan aplikasi ramah tunanetra. Semoga niat baiknya membantu menjadikan informasi kesehatan lebih mudah diakses oleh masyarakat dapat membawa manfaat lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan